Blogroll

Atom

                Bila sepotong logam emas dipotong-potong sedemikian rupa sampai diperoleh suatu bagian yang sangat kecil yang tidak dapat dibagi lagi, namun masih mempunyai sifat emas, maka bagian tersebut disebut sebagai atom emas. Jadi, atom adalah bagian yang sangat kecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu.
                Pada jaman dahulu tidak ada satu alat pun yang mampu untuk melihat bentuk dan susunan atom. Oleh karena itu, beberapa ahli membuat suatu model untuk menjelaskan keadaan suatu atom yang sebenarnya. Meskipun belum dapat diketahui dengan pasti pada saat itu, tetapi para ahli dapat menjelaskan kondisi atom melalui gejala-gejala yang dapat dipelajari.
 Kini, para ahli telah dapat mengamati atom-atom dengan bantuan teknologi modern, yaitu STEM (Scaning Transmission Electron Microscope).
                Penyelidikan tentang atom dimulai dengan ditemukannya sifat listrik dari suatu materi. Apabila sebatang sisir digosokkan pada rambut yang tidak berminyak, maka batang sisir tersebut akan dapat menarik potongan-potongan kecil kertas. Perestiwa itu menunjukkan bahwa sisir mempunyai sifat listrik.
                Gejala kelistrikan atom semakin menarik para ahli fisika, sehingga pada perkembangan selanjutnya diketahui bahwa atom tersusun dari partikel-partikel penyusun atom (partikel subatom). Penemuan-penemuan partikel subatom menunjukkan bahwa atom merupakan kumpulan partikel subatom yang tersusun sangat mutakhir.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More